Adab dan Empati

Ada 2 hal yang kiranya mengganjal sekarang di saya, entah hal ini biasa bagi orang kebanyakan atau berusaha untuk di 'biasa'kan ajah.

Hal pertama, kemarin saya makan di pempek di megaria, nah di bagian luar itu tempat duduk nya model kursi dan meja panjang gitu.. yang mungkin 1 kursi panjangnya muat 5 orang deh, mejanya ditengah, dan kanan kirinya ada kursi, kaya gambar dibawah modelnya tapi lebih panjang ya..

Image result for kursi panjang
https://goo.gl/gkM3hw


Yang jadi masalah adalah, 2 orang ini duduk di kusi samping-sampingan dan duduknya di bagian tengah kursi. Mungkin buat orang lain mereka akan, yaudah sih beginian aja digedein, tapi kalau menurut saya sendiri, duduk dengan posisi begini itu bikin ribet semua orang dan engga punya simpati sama orang lain, kenapa ? karena bakal ada orang lain yang akan duduk selain dia yang pasti ngerasa engga nyaman, karena kita makan di depan mas sama mba nya itu yang otomatis hadap-hadapan sama mereka, dimana makan hadap-hadapan ama orang lain, kalo saya sih bakal engga nyaman, engga tau kalo orang lain. Kalo emang mba sama mas nya ini emang masih mau duduk samping-sampingan, ya mbok geser mojok ke kanan atau minggir sekalian ke kiri gitu, kalo dia duduk di tengah-tengah, orang yang dateng juga bingung mau duduk dimana. Atau mba sama mas nya bisa duduk hadap-hadapan aja dan di pinggir, karena duduk di tengah di kursi panjang itu engga enak buat orang lain meeenn... karena orang lain yang mau duduk bakal bingung mau duduk dimana, coba deh kalo kita orang pertama yang duduk dan duduknya dipinggir, orang lain yang mau duduk pasti akan lebih enak, bisa duduk ditengah atau duduk paling pinggir. Ini hal simple tapi menurut saya beradab, karena mikirin orang lain di fasilitas umum. 


Malamnya saya makan di watung tenda.. kejadian sama, 2 orang menuhin meja dan kursi dengan segala peralatan helm jaket tas ada diatas meja.. lhaa yang makan kan bukan dia doang yah.. mas mba... di taro bawah, atau di taro motor bisa kan yah? takut kotor? ditaro di panguan, takut ribet? beli cantolan tas yang buat meja. Come on, use your common sense..

Ini di aplikasiin di semua kejadian apapun itu, begitu kita udah make atau ada di tempat fasilitas umum, please think about others.. Kalo lu jadi mereka dengan posisi begitu gimana.. kalo lu nya ga nyaman, ya kemungkinan sama ama orang lain, jangan seenaknya karena lu beli dan bayar bisa seenaknya. Engga lah guys.. think about others.


Hal kedua..

Ini sih pemikiran saya aja yah..

Saya suka heran liat cowo yang bawain tas cewenya, ini literally sepasang kekasih yah.. terlihat dari gelagatnya. Tas cewe yang cewe baget, tote bag gitu-gitu, yang ada rantainya panjang..dibawain aja tanpa ada hassle atatu apa, ini engga termasuk kalo suami istri sama anak, engga termasuk kalo ceweknya ada kesulitan (disable), engga termasuk kalo ceweknya bawa barang banyak.

Pertanyaan saya, kok lakinya mau sih? masih engga paham saya, kalaupun lakinya nawarin, kok cewenya ngasih sih? atau kok lakinya nawarin sih? harga diri lah.. masa laki bawain tas cewe tanpa alasan.

It is just not make my sense..

No offense yess..

NB : Please raise your children to have good manner..manner is better than be clever. Pinter itu bisa dikejar, tapi kalau manner perlu perjalanan panjang dan engga instan.


Love
Sky



Comments

Popular posts from this blog

Hermina Tangerang (where Sky was born)

Tititp ya, Mah..

Yeay, Sky's first year