Situ Patenggang, Ciwidey, Ranca Upas

Saya ke Bandung itu sekitar September 2017, jadi ini harga pada saat saya kesana ya..

Entah kenapa ini suami saya suka banget sama kota yang satu ini.. dalam waktu belakangan bisa dikategorikan kita sering ke bandung, engga ada kepentingan penting.. alhamdulilah liburan dan cari spot foto aja.. Udah kemana aja? saya rekap ya, dari bebeapa kali kita kesana, tujuanya udah kemana aja :

Bandung Selatan

1. Situ Patenggang

Harga Tiket : 20 rb/orang, mobil : 10 rb (maafkan kalo salah)
*harga diluar naik perahu dll, hanya harga masuk

Saya dari jakarta itu sekitar 4 jam perjalanan, dg catatan, berangkat subuh, abis sholat subuh langsung jalan, buat menghindari ruas tol Bekasi yang subhanallah, macheeettttt kalo siang dikit.. saya pernah jalan jam 6, dan sampai ciwidey hampir jam 12,.

Pake Google Maps, sampe inshaalloh..Sebelum sampai, kita akan lewat Perkebunana teh Rancabali yang kereeeeennnnn.. kanan kiri kebun teh yang cantikk.. berenti kendaraan, bisa, tapi cari spot yang enak ya :)

daerah rancabali



Situ Patenggangnya adeeemmmm.. jam 11 siang 18 derajat dengan angin yang kenceng.. dingiiiinn coiyyy... Ada saung2 yang bsia dipakai tanpa sewa.. ada juga penyewaan tiker, engga tau harganya berapa..spot foto? banyaaakkkkkk...
Ada perahu buat nyebrang ke Pulau Cinta, tapi saya engga naik.. Situ ini berdekatan sama Glamping Rancabali.. Situ Patenggang ini jaraknya sekitar 5km dari Kawah Putih Ciwidey









2. Kawah Putih Ciwidey

Harga tiket : 35 rb/ orang (maafkan kalau salah, kroscek lagi ya :) )

Yang pasti kalau bawa mobil, ada 2 opsi parkirnya, bisa dibawah, lalu lanjut naik odong-odong, atau parkir deket kawah putihnya yang kena charge 150 rb (kalo engga salah). Kalau naik odong-odong dan parkir dibawah, harga tiketnya sudah include odong2..
Ada benernya sih kalo parkir dibawah, karena jalan menuju kawah itu belak belok dan lumayan curam serta jalananya jelek.. semoga sekarang udah bagus ya.. jaraknya lumayan jauh dari pintu masuk sampai kawah. Bawa masker ya.. engga ngaruh banyak sih.. karena memang engga boleh lama-lama dikawah..
Ini tempat emang cakep.. mystical mist nya itu juwarah.. ranting pohon kering disekitarnya juga tsakeepp.. spot foto? absolutely yess..
Ini tenyata dingin yaaa...


3. Ranca Upas

Harga tiket : 10rb/orang, mobil 5 rb

Keluar parkiran bawah Kawah Putih, belok kanan, ketemu deh Ranca Upas.. jangan kelewatan ya, karena si Ranca Upas ini plang atau gapura nya engga gede.. dan posisinya pas belokan, ada di sebelah kanan.
Ranca Upas ini ada beberapa spot, ada penangkaran Rusa, ada camping spot, paintball spot, waterpark. Mereka setau saya sewa perlengkapan camping, harganya saya engga tau, karena ada bannernya, kadi aku tauu..Saya cuma pernah ke penagkaran Rusa nya aja.. boleh turun pegang rusa.. beli makanan nya sekantong woterl itu 5 rb.
Again, ini buat moto sih.. Oya, Rusanya itu yang jantan kok ya agresif.. dia tau saya nenteng plastik item, makanannya dia kejar2 kita... Rusa jantan yang bertanduk, yang betina nya mah woles coiyyy.. yang penting makan..









Kayanya sih saya cuma ke 3 tempat itu aja di daerah Bandung Selatan.. oya, semuanya saya lakuin pp.. engga nginep..

Next time mau camping sihhh di Ranca Upas.. kayanya seruhhhh


Love Sky

Comments

Popular posts from this blog

Hermina Tangerang (where Sky was born)

Tititp ya, Mah..

Yeay, Sky's first year