Gegara 300 perak..

Ini tulisan saya buat sehari setelah saya senewen dari mulai buka mata ampe mau merem lagi...

Sering donng belanja di mini market atau supermarket atau hypermarket atau retail market? sebutin deh semua namanya,,,kalo saya, hampir setiap hari, karena kantor saya deket2an ama supermarket, hihiiihii..

Kemarin saya beli pisang sama snack, totalnya 16.700 kalo engga salah, saya bayar pake uang 100 ribuan.. Percakapan yang terjadi antara saya dan mba2 kasir, namanya Santi.. Haii mbaa... :)

Santi: Totalnya 16.700 (saya agak lupa totalnya), kak..
Saya: (kasih uang 100 ribuan)
Santi: Ada uang 20 ribuan nya aja ?
Saya: Engga ada, (saya cuma bawa selembar uang 100 ribuan doang)
Santi: 300 nya boleh disumbangin?
Saya: Engga (alasanya saya ceritain dibawah)
Santi: ada 700 rupiahnya kak ?
Saya: Engga ada
Santi: (sambil ber "ckckck dan huff huff" dan dorong kenceng laci uang kasir) Ada 2 ribuan nya kak ?
Saya: Engga ada
Santi : Coba dicari dulu kak..
Saya: Engga ada mba..
Santi: Ngasih kembalian setelah melayani saya sekitar 5 menit dengan muka yang luar biasa kesel..


Hal kaya gini baru sekali saya alamin, tapi kalo "300 nya mau disumbangin ka?" atau " ada uang 700 nya ka?" udahh sueeriiiiiing banget saya alamain. Kenapa percakapan kaya diatas baru sekali saya alamin? karena 2 hal yang udah sering saya alamin, semuanya saya iya in aja.. Kasir minta disumbangin, yaa saya bilang iya, kasir minta 700 perak, yaa saya ubek2 dompet.

Nahhhh.. beberapa waktu lalu saya tercerahkan, duilah.. bahasanya... Saya jadi bertanya-tanya.. Ini uang receh yang minta disumbangin itu disumbangin kemana ya? Sebenernya bener disumbangin atau mereka malas cari kembalian atau engga ada uang kembalian nya sihhh?


Akhirnya dengan berbekal penasaran, saya mau ngetest para kasir-kasir di minimarket dan supermarket ini. Salah satu 'korban' saya ya itu, si Mba Santi itu... Jadinya kejadian diatas itu ibarat sekali dayung, 2 pulau terlampaui. Saya memang beneran engga bawa duit lagi selain 100 ribuan itu dan ternyata sekalian ngetest juga, ihiiihiiii... Percobaan kedua saya, lagi bayar makanan di minimarket, gini ni percakapanya:

Kasir: 200 nya mau disumbangin, kak?
Saya: Oh boleh.. oya, disumbangin nya kemana ya?
Kasir: (sedikit gugup, bingung mau jawab apa) ke Yayasan ABCD kak (posisinya, nama tu yayasan ada di layar komputernya kasir yang ditunjukin ke saya)
Saya: itu alamatnya dimana ya?
Kasir: kriikk krriiiikkk.. ennggggg..engggggg... dan kemudian hening
Saya: Yaudah, makasih yaa..

Hoo hoo hooo.. Saya senyam senyum aja keluar dari minimarket itu..

Kalo gini kan saya jadinya yang dosa, berburuk sangka ama orang.. jadi deh dosa kaaannn?

Saya engga peduli ya sama tu receh mau disumbangin kemana, itu udah urusan kasir nya dan minimarketnya deh..
Kemungkinan nya menurut saya ada 2, antara memang disumbangin, atau mereka malas cari kembalian? karena ini kejadian ga sekali dua kali dan ga hanya di seorang dua orang... Alhamdulilah kalo ini disumbangin ke tempat yang bener, kalo engga, jumlahnya udah berapa banyak.. ya kaannn? balik lagi, terserah mereka deh masalah sumbang menyumbang iini. Tanggung jawabnya cuma mereka dan Tuhan nya yang tau..

Kalo saya ko lebih condong hal begini, kok kayanya mereka itu malas cari kembalian ya? kenapa, karena, sepengalaman saya sendiri, mereka akan ngomong mau disumbangin setelah buka laci kasir yang mungkin setelah diliat engga ada kembalian nya.

Yang mau saya bilang adalah, saya bukan mentang-mentang atau sombong jadi pembeli, tapi ya tapi.. apa iya setiap ada orang belanja harus ditanyain seperti itu? Kita belanja, beli sesuatu, udah ngeluarin duit, ya masa iya harus mikirin kembalian nya juga? Ya cape amat yahh.. terus mereka ngapain donk? udah ada porsinya masing-masing, kita pembeli, ngeluarin duit buat bayar dapet barang, mereka penyedia jasa nyiapin kembalian nya.. as simple as that.. Ini murni pendapat saya lho ya...


Love You
Sky

 

Comments

  1. Hahaha iya jg. Ga kepikiran nanya buat dsumbangin ke mana. Tnyata uang receh itu emang susah nyarinya. Aku pernah kasih sekantung tabungan anakku buat dituker, mata mereka lsg berbinar. Pernah jg liat yg sibuk telponin cabang cari recehan. Apa bank ga terima penukaran receh lg ya? Atau dijatah? Apalagi minimarket begitu ... Tgantung yg punya franchise. Dan soal dsumbangin ke mana, setelah kupikir2 ... Ya sudahlah dsumbangin ke kasirnya aja boleh ga? Mereka kan sering kudu nombok =) tp kalo ga boleh, baiklah saya siapin recehan hehehe drpd ribut.

    ReplyDelete
  2. hiihiiii... nahh, kalo emang mereka niat ngembaliin dengan telponin cabang atau nyari kemana2, terus engga dapet, mungkin kita akan kooperatif, lhaaa.. kalo belon apa2 udah "boleh disumbangin kak?". sekali dua kali gpp kali ya mak, kalo keseringan? huks huks.. cape mak.. hiiihiiii...tengs udah mampir mak

    ReplyDelete
  3. banyak bangettt yg kayak gini mak...

    kadang kepikir juga nih... 300 x sekian pembeli sehari x 30 hari x 12 bulan = *****

    kalau memang disumbangkan, biasanya di meja kasir ada poster kecil tentang program amal mereka. kalau poster kecil itu tidak ada, sepertinya selayaknya kita tanyakan ke kasirnya... daripada tidak ikhlas ya mak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahh, jangan diitung mak, ngense liat hasilnya, eng ing eeng... naaahh ntu dia deh mak, kalo sekali sii ikhlas mak, kalo berulang kali -_-

      Delete
  4. sering banget nih kejadian super duper nyebelin ini kejadian, bukannya apa sih...muka jutek si mbak/mas (mostly sih mbak kalo uda jutek begitu) yg bikin keki...maunya apa coba, kek kita si pembeli ini gk pny uang ato gmn gituuu...
    alhasil skrg setiap ditny langsung aja jawab "ENGGAK" dengan muka datar -.-" *curcormendadak*

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadinya kan begitu ya mak... udah jawab engga deh, paling bener.. dulu si masi manis ya mak, sekarang maj udah di datarin aja deh mukanya... seyujuh mak :)

      Delete
  5. ituuu ituuu... kadang saya juga males nunggu sih kembaliannya, jadi ya diiyaiyain aja (padahal aslinya ga ikhlas, aduh kalo ga ikhlas gitu dapet pahala ga ya sumbangannya #halah), akhirnya sering2nya saya bayarnya pake debit aja wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiihiihiiii.. saya juga sering dilema tu mak.. tapi kebanyakan dilema, mending bilang engga deh, drpd ikhlas ga ikhlas... naahhh bener, pake debit udah cakep deh mak.. tapi kadang kalo belanja nominal kecil, masih juga dikasih muka ga enak, serba salah deiy..

      Delete
  6. Duh beneerr mak, aku juga sering males masak nggak punya sih recehan, katanya toko retail besar.. Sering ga rela sih, tapi daripada ribut dan bikin antrian panjang :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. tadinya saya suka gitu tu mak, ga enak antrian panjang, tapi orang di belakang kita juga dimintain hal yg sama ampe belakang mak.. yaudah biarin deh,sekalian biar yang lain juga pada denger mak *jahat ya saya* :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hermina Tangerang (where Sky was born)

Tititp ya, Mah..

Yeay, Sky's first year