Nangis, salah ya?



Ada yang salah dengan anak kecil, anak bayi nangis? ada ga siiii? ko kalo menurut saya engga ada yang salah dengan hal itu.. sama aja kaya ketawa, engga ada kan yang ngelarang anak kecil buat ketawa, tapi kenapaa banyaaaakkk banget orang yang ngelarang anak kecil nangis? ya kaaannn?, well, saya BUKAN salah satu diantaranya.

Saya bukan psikolog ato ahli tumbuh kembang ato ahli apaa aja deh, saya cuma ibu yang lagi mau memperbaiki pola asuh yang dulu saya terima dengan yang saya tau dan baca saat ini, ambil yang baik buang yang jelek, as simple as that...

Anak kecil, bayi nangis, wajar menurut saya, kaya buku dan banyak ahli bilang, It's is their way to say something, they even cant say a word.

Saya mungkin salah satu produk 'tahan nangis' waktu kecil, karena sampai saya besar dan sebelum baca artikel tentang tumbuh kembang anak, saya percaya kalo nangis itu lemah, sampai akhirnya saya tau, saya lemah karena engga nangis.... ahiihiii, kenapa? dada saya selalu sakit, nyesek, berat kalo ngalamin masalah yang bikin sakit kepala, tapi saya engga pernah bisa lega walaupun masalah itu sudah selesai,,,,tapi setelah nangis, dada saya lega.. dan enteng.. Kira-kira gitu gambaran nya.. engga tau bahasa medisnya ato penjelasan psikologisnya apa deh...

balik lagi ke masalah nangisnya anak, banyak orang tua bilang, JANGAN NANGIS!! right, moms? ngakuu hayoo hayooo...

menurut saya, sama ga sii kalo larangan jangan nangis  tu kaya nutup jalan komunikasi antara orang tua dan anaknya, kaya yang dibilang diatas, nangis salah satu cara komunikasi. Lah, kalo mau komunikasi sendiri sama orang tua sendiri aja dilarang, terus gimana?

nangis itu perlu buat anak kecil, ketawa aja boleh, kenapa nangis ga boleh? emang kita bakal ketawa terus ampe mati? engga tohh.. kita yang gede aja ngalamin ketawa, nangis, sedih, bahagia kaannn? ya samaaaa, anak kecil even bayi pun ngalamin, sama-sama manusia juga kan?

mereka nangis pasti karena mereka sedih, sakit, ga nyaman, takut, naaaahhh biarin mereka selesai dengan nangisnya di pelukan kita, yang penting mereka ngerasa aman dan engga sendiri.. setelah mereka selesai dengan nagisnya, tinggal kita respon dengan kenyataan yang sebenernya... itu sii menurut saya pribadi yaa...



Anak kecil nangis karena jatuh, iyaa dia yang salah karena engga hati-hati meskipun kita udah ingatkan... biarin dia nangis, karena jatuh itu kan emang sakit yaaa.. kita aja yang gede suka nangis apalagi anak kecil... kalo acara nangisnya udah tinggal sesenggukan nya, sambil dipeluk ya tinggal dikasih tau akibat dari engga hati2 ya jatuh dan rasanya sakit. Saya rasa mereka akan ngerti dengan sendirinya dan nalar dengan sendirinya...

Well, I'm not gonna let my kids live in happy bubble all the time.... They have to know that 'no pain no gain'...



Love You
Sky


Comments

  1. karena memang dengan menangis bisa juga melegakan hati,, hihih

    ReplyDelete
  2. Saya tipe yang nggak suka anak saya nangis, apalagi kalau karena kesalahannya sendiri. Banyak yang bilang, kok galak larang anak nangis. Aduh, padahal itu kan mendidik supaya mereka tahu kalau berbuat salah tuh ada akibatnya :)

    Nice sharing, mak <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiiiihiiiiii.... katanya mah tega ya makk, tapi menurut saya emang kan setiap tindakan ada resikonya, yaa ditanggung sendiri ajaa.. ahiihiiii... itu sii menurut saya :), sami2 makk..

      Delete
  3. saya termasuk yang membolehkan nangis mba, selama itu bukan cengeng..
    Kalau menangisnya cengeng, saya ndak suka..

    Ngomong2 salam kenal,mak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, nangis dan cengeng emang menurut saya punya arti beda.. jatoh terus nangis, yaa karena emang sakit, klo cengeng dikit2 nangis tanpa sebab jelas, menurut saya lhoo ituu... :)

      salam kenal maakkk :)

      Delete
  4. menangis selama masih batas wajar tidak disengaja atau tdk dijadikan alasan untuk mendapatkan ini itu sh gak masalah mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahhh, benul sekalii makk, saya setujuh ituuu..

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hermina Tangerang (where Sky was born)

Tititp ya, Mah..

Yeay, Sky's first year