Being parents, yeiy or neiy ?


Well, ternyata engga segampang di artikel ataupun segampang dengerin seminar yaa... Jadi orang tua itu sulit.. sama sekali bukan perkara mudah sodara.. Apa beneran sulit atau saya yang mempersulit ?
Yaa, pokoknya menurut saya sulit deh... Buat anda kawan sekalian baik laki-laki atau pun perempuan, coba liat daftar dibawah, kira-kira udah memenuhi syarat jadi orang tua belum? Ini daftarnya menurut saya pribadi yaa.. hahaha...

1. Sebelum nikah, atau pas lagi cari pacar deh, yang dipikirin itu sebenernya lebih ke arah, siap engga ya saya jadi bapak? siap engga ya saya jadi kakek? nahhh, udah harus sampai sana yang dipikirn, engga sekedar, kalau udah nikah, nanti anak istri saya makan, apa, tinggal dimana? it is long way ahead buddies.. dan ini belum terpikirkan oleh saya sebelum nikah... Jadi setelah nikah, saya harus super catch-up ama yang beginian, dari mulai jadi role model buat anak saya, belajar jadi istri yang sesuai agama, belajar jadi ibu yang baik, dalam semua hal, meskipun jauh dari sempurna. yang subhanallah, susahhh banget jadi role model yang baik... haakkkkkk..

2. Udah nikah,, lagi hamil.. nahhh, silahkan dipikirin deh tuuu, siap engga punya anak? ya udah pasti siap lah, orang udah hamil -__-.  Siap engga jadi contoh yang (seharusnya) baik ? Panutan yang bisa ditiru ? kalau kata penulis buku Adhitya Mula di buku terbarunya " Parent's Stories" . Menjadi orang tua menuntut kita menjadi lebih baik dari versi kita yang sebelumnya. Simple, tapi penjabaranya sungguh luar biasa panjang. Setiap orang tua punya versi terbaik menurut mereka sendiri. Versi terbaik diri mereka ini wajib mereka tampilkan di depan anak-anaknya, tanpa menuntut anak-anaknya menjadi versi mereka.

3. Punya bekal apa aja buat ngegedein anak jaman sekarang? udah punya bekal yang cukup buat mereka ? agama? moral? prinsip hidup ?
Anak udah mulai 3 tahun, tanya bagian-bagian pribadi tubuh. Gimana lah ngejelasinya ? Perkara tabu atau engga ? etis atau engga? pakai bahasa yang sebenarnya atau gimana? Ini perkara basic yang every child should now. Orang tua wajib menjelaskan keadaan sex mereka sejujurnya. Caranya bisa dikaitkan dengan bagaimana Allah menciptakan laki-laki dan perempuan dengan sempurna dalam versi yang berbeda dengan fungsi yang nyata, tentunya dalam kalimat seadanya. Ada buku panduan yang bagus untuk ini dan saya akan beli *bukan promosiii*



Tulisan mba Monik  ini mungkin bisa jadi guideline, gimana cara nya memberitahu anak tentang pentingnya sex education.

4. Sanggup engga ngebiarin anaknya tumbuh jadi mereka yang seharusnya tanpa ada campur tangan "impian tertunda" orang tuanya. Paham, orang tua mau yang terbaik untuk anaknya... yang terbaik untuk anaknya atau untuk orang tuanya karena waktu kecil dulu, orang tuanya bukan yang terbaik? ini kadang yang harus kita 'pisahkan' impian orang tua dan keadaaan anak yang sebenarnya. Orang tua suka bola, dan berharap anaknya jadi pemain bolam wajar ga ? wajar banget.. kalo wajar, berarti ini keinginan anak atau orang tua ? hehehe...
Kalau menurut saya pribadi, orang tua wajib jadi kamus, dimana kalau anak 'lupa' akan sesuatu atau engga tau, mereka bisa balik ke kita cari tau, tanya artinya.. dan mereka akan implementasikan sendiri di skenario kehidupan yang Allah udah kasih buat mereka.

Ahhh.. masih buanyak hal yang perlu dibenahi dari dalam diri saya. Pembenahan diri itu dilakukan sampai



saya wafat.. It is life-time learning story.

Love you
Sky

Comments

Popular posts from this blog

Hermina Tangerang (where Sky was born)

Tititp ya, Mah..

Yeay, Sky's first year