Gedenya kita ya gimana kecilnya kita

Ini udah beberapa lama hinggap di otak saya dan perlu sharing dari ahlinya siii... sementara belum ketemu ahlinya, ya saya ngeblog deh...

Semakin banyak saya baca artikel tentang parenting, semakin sering saya kaitin sama gimana saya sekarang yang udah gede, sama gimana dulu saya waktu masih kecil (nanya ibu saya, hiihiii)..
Udah jadi ibu niiii.. otomatis mau jadi ortu kece buat anaknya doonk... nahhh naahh, ada beberapa hal yang saya (sok tau) kait-kaitin antara perilaku yang di dapat anak waktu kecil dan menjadi karakter terselubung mereka waktu gede... Oya, ini saya engga pake penelitian atau survey2an gitu.. ini pure cuma pengamatan pribadi..


Pertama itu delayed gratification, intinya itu SABAR. Sering liat orang gede macam kita ini engga bisa antri? engga mau nunggu? maunya yang cepet bin instan dan engga perduli itu ngerugiin orang apa engga? yaa, saya sering lihat dan perhatikan. Setelah baca artikel ini, saya ceritanya ngehubung-hubungin sama gimana perlakuan orang tuanya waktu mereka kecil... Iya, perilaku kita semakin dewasa selain didikan orang tua juga besar pengaruh lingkungan, tapi tetep, fondasi awalnya adalah keluarga, saya setuju itu, yang ga setuju gpp juga kok, hiihiii....

ini

Sewaktu kecil, kebanyakan dari kita jadi "raja". Ngeekk sedikit, kasih apa maunya, nangis sedikit, beliin yang diminta.. dan itu namanya instant gratification, dan itu udah jadi mendarah daging sampai kita besar, jadi karakter kita secara kita engga sadar. Mungkin saya dulu salah satu anak yang dapet perilaku itu dari orang tua, dan sekarang sudah 'sadar'. hiiihiiii... jadi kalo begini ceritanya, bukan hubungan orang tua sama anak, tapi Majikan sama Asisten nya.. orang tuanya akan pontang panting penuhin kebutuhan anak demi anak senang dan diam, dan anak engga pernah terpuaskan dengan apa yang diinginkan.. Well, I am not your servant, kiddos..



Yang kedua, apatis atawa cuek, masa bodoh.. Pasti lah sering liat orang buah sampah sembarangan? ga keitung kalik, ngerokok sesuka jidatnya, atau ada barang jatoh di lorong supermarket, dan dengan santainye lenggang jalan, tanpa mau sedikit aja ngebantu ngembaliin tu barang ke rak nya?

ini
Ini mungkin lhoo yaa.. 'akibat' dari kita "dicuekin" waktu masih kecil.. Saya beberapa kali lihat dan baca bahwa banyak anak kecil tidak 'dimanusiakan' tapi tetap 'dianak kecilkan' maap ini bahasanya ngaco dikit, ga tau padanan nya soalnya , heuu heuu.. Anak lagi cerita,.. ma, pa, aku tadi bikin perahu dari kertas niii.. pake lem, lucu ya..blaa blii blaa bliii... mereka cerita dengan antusias.. terus disautin deh ama mama papanya, "oh iya, bagus" udah donk gitu aja dengan nada datar, ini sii masi mending disautin, lahh kalo malah disuruh pergi gara2 ganggu kerjaan mama papanya, apa lebih kacau lagi namanya... dan itu terus berulang, akhirnya anaknya jugak lama-lama males lah yaa.. mau cerita tapi disautin nya gitu... Lah, kita aja yang gede sebel kalo digituin, emang dipikir anak kecil engga sebel? kan sama-sama manusia kan? Jadi deh mereka cuek, karena terbiasa dicuekin. Hal ini juga mungkin penyebab orang indonesia yang saya temuin engga ekspresif atau pintar cerita, karena ekspresifnya kita sudah "digerus" sama orang tua kita sendiri di waktu kecil..
Oya, silahkan baca novel Totto Chan, ini salah satu novel yang bagus buat seberapa pentingnya sih cerita anak.. buat mereka kedepan nya..

ini
Ini bukan tentang sok tau deh yaa.. tapi saya mau memperbaiki diri buat jadi orang tua yang 'ada' disaat anak perlu atau engga, kapan jugak anak engga perlu orang tuanya? hiihiiii... tapi ada 2 quote yang saya pegang sampai sekarang, tapi lupa ini quote nya siapa *toyor pala sendiri*









Anak kita itu bukan impian kita yang tertunda

Kita tentu pasti punya cita-cita supaya anak kita jadi sesuatu ya kan? ngakuu ngakuuu.. ternyata, keinginan itu terbersit dari keinginan kita yang engga jadi kenyataan sodarahhh,, sadar atopun engga, ya gitu deh biasanya.. Mereka punya garis hidupnya sendiri dan itu hak mereka...

Hadiah terindah untuk anak adalah sebuah tantangan

Mulai belajar jalan, dibantu terus, mau ngambil bola, diambilin, dideketin biar anak engga perlu usaha keras, mau sekolah, dicariin yang bagus, bela2in sogok, mau kerjaan nyari link ke sodara2.. semuanya serba dipermudah... Ini mungkin bagus, tapi ini juga punya sisi jelek, anak engga pernah tau akan kepuasan yang dicapai dengan usaha nya sendiri dan ini engga akan ngebantu anak untuk memberdayakan otak mereka untuk terus berkembang...

Hidih, sok tau amat deh saya.. gpp, terserah dibilang sok tau, lha wong saya udah kasih tau ko, kalo ini hanya semata-mata pengamatan pribadi...


Love You
Sky

Comments

Popular posts from this blog

Hermina Tangerang (where Sky was born)

Tititp ya, Mah..

Yeay, Sky's first year