Pear penyelamat sembelit..

MPASI udah jalan hampir 3 minggu... ceritanya banyak doong? iya lahhh...
Akhirnya yang ditakutkan datang juga... SEMBELIT sodara si Baby Sky.. Saya udah curiga sebelumnya, masuk minggu ke 3, udah 3hari engga BAB, saya tambahin cairan nya, dan syukur lah Sky BAB, udah 4 hari lewat, dia belum BAB juga,, mak nya tambah sepaneng (apa ini ya).. akhirnya dia BAB dengan nangis, muka merah, keringet dingin, ngeden sejadi-jadinya dan yang keluar cuma sedikit dan luar biasa padat.. Adooohhhh.. mak nya senewen, mau ikutan nangis juga liat perjuangan anaknya sampe segitunya...



Saya engga buru-buru bawa anak saya kedokter, karena udah beberapa kali baca, kalau reaksi anak terhadap makanan pendamping pertama kali ya si SEMBELIT mengerikan inii... tapi beneran sumpah engga tega liat bayik 6 bulan lebih ampe segitunya...
Saya coba observasi kenapa dia sembelit, udah pasti ada yang salah sama asupan makanan dia. Minggu ketiga, udah mulai saya kenalin lengkap menu seimbang,,,dan mungkin terlalu 'berat' buat dia.. ini siii asumsi saya sendiri yaa.. hiihiiiii....Akhirnya sekarang saya rubah eating pattern nya. Gegara si dokter bilang menu makan nya 2 kali makan berat dan sekali buah, saya turutin deh dengan menu makanan super lengkap (karbo, protein, kacang2an,sayur,lemak tambahan) 2 kali dan siang hari buah. Karena aktifitas anak umur segini udah luar biasa banyak, jadi harus diimbangi sama asupan nya. Oiyaa, kata si dokter juga, kalau si anak masih asi, ibunya wajib makan yang 'bener' juga supaya anaknya dapet nutrisi nya lengkap, okaiyy boo ebuu....

 Saya engga tau yang salah dimana, apa ada kombinasi makanan yanga saya bikin buat dia sembelit atau memang masih terlalu berat pola makan ini buat bayi seusianya. Saya buat pola begitu engga asal-asalan, tapi berdasarkan Panduan WHO . Semoga engga salah mengartikan ya saya,*mak macam apa ini*. Oke baiklah, berdasarkan observasi sendiri, sekarang saya 'turunin' lagi makan nya, sementara, cuma kasih karbo dan buah dulu deh, nanti kalo udah normal, hajar menu lengkap lagi.. Semangat Sky

Akhirnya saya kasih buar pear, karena berdasarkan penggooglingan *ancur bener ini bahasa* buah pear, plum, apel, melon, pokoknya yang cairan nya banyak, bisa memperlancar poop..Oke, saya coba deh, Sky saya kasih pear... dan, alhamdulilah besoknya dia poop tapi masih dengan adegan yang sama, dan saya lagi di kantor, tambah aja deh sedihnya... di hari yang sama, malam nya dia berhasil poop kembali dengan lancar, engga pake adegan2 itu lagi, tapi masih nangis, mungkin, anus nya perih kali ya.. poor Sky... Cara yang eik lakuin itu seperti dibawah buat atasin sembelit :




1. Pijat ILU, sama tekan-tekan lembut bagian bawah pusar selama beberapa menit
2. Gowes sepeda, gerakan kaki Sky kaya kayuh sepeda.
3. Setelah atau sebelum gowes sepeda, saya tekuk kakinya Sky dan saya dorong kearah perut
4. Kasih makan buah pear, apel (belum coba) dan buah yang saya sebutin diatas
5. Olesi anus nya pakai minyak zaitun
    * pinggir 2 anusnya ya, bukan sampai kedalam anus karena setelah mengejan begitu kuat pasti daerah sekitar anus merah dan perih, kita aja yang dewasa bisa perih atau lecet, apalagi bayi... :(


Saran-saran diatas saya praktekan dan alhmdulilah berhasil, saran tersebut saya juga baca dari beberapa artikel. Saya engga menyarankan juga engga melarang, tapi balik lagi, engga semua saran bisa diterapkan di setiap anak karena beda anak, beda keluhan, beda penanganan... Be smart parents yaaa.....


Love You
Sky

Comments

  1. Ternyata buah pear bagus utk memperlancar poop si baby ya... Nice post..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, tadinya saya hanya baca, terus saya praktekkan, ternyata berhasil, yeay :).. tengs udah mampir

      Delete
  2. baru tahu saya mak,makasih ya sharingnya...
    salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba zwan, salam kenal juga makk.. sama2 yaa..

      Delete
  3. wah ternyata pear bermanfaat sekali ya mak. kebetulan aku juga suka pir jadi BABku lancar terus haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. yess mba susanti, semoga kita terhindar dasi si sembelit itu yaa dan sehat teruus gara2 makan buah, amiinnn..

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hermina Tangerang (where Sky was born)

Tititp ya, Mah..

Yeay, Sky's first year