Jangan Nakal!

Gegara kemaren liat anak dibilang nakal sama ibunya saya jadi mau cerita nii...

Ceritanya gini, saya sama Luki-suami- lagi buka puasa di depan minimarket, karena on the way pulang kantor, naahh.. lagi enak2 nya minum, ada nak cewe kira-kira umurnya 3 atau 4 tahunan deh keluar dari mini market itu, terus kepeleset, dan jatoh, dia jalan lho yaa engga lari.. pas dia jatoh, spontan (mungkin) ibu dan kakanya teriak barengan "Kaaann Nakaaaal" Lumayan kenceng dan walhasil bisa ditebak dong, tu anak cantik nangis... Pertanyaan saya dalam hati "ni anak nangis gara2 kaget 'diteriakin' nakal atau emang sakit". Belum selesai saya mikir itu, Luki nyeletuk "nakal? sebelah mana nakalnya ya? dia kan jatoh.. apa iya kalo jatoh itu nakal?" sambil geleng2 kepala.. Sampe sekarang saya masih belum bisa nemu korelasinya antara itu anak jatoh dan dia di cap nakal, lho..



Satu lagi, sering denger ga? ada ibu atau pengasuh, atau nenek, atau orang yang lebih besar dari anak kasih pesen ke anak tersebut kalau mau pergi kemanapun dan dengan siapapun "jangan nakal, ya".. dan ngomongnya sama anak yang usianya masih itungan bulan atau masih batita.. dan kayanya balita pun belum ngerti akan pesan ini...

Hmm.... nakal apa si bunda? Gimana si itu ayah? ... Kalo itu yang ditanyain anak, bisa ga ya kita jawab? Jangan dikira saya bisa jawab, saya juga pasti bakal puter otak buat cari jawaban yang masuk diakal..


Masalahnya pesan ini engga akan nyampe ke anak kalau persepsi tentang 'nakal' sendiri beda antara orang tua sama anaknya.. Misal, anak lari-larian, terus orang tuanya teriak "jangan nakal, bang", oke dia duduk diem sambil sobek2 kertas.. ehh diteriakin lagi, "abang, kan udah dibilang jangan nakal".. Si anak ini pasti mikir, sebenernya "aku itu engga boleh apa ya?" ini dibilang nakal, itu dibilang nakal, emang nakal apa sih?...

Ini sebenernya lebih ke 'egoisan' orang tua engga sih cap nakal nya? orang tua mau anaknya tumbuh dengan baik, pintar, sopan, dan sederet label 'baik' lainya tanpa (belum) mau mengkomunikasikan nya sama anak semua label yang dimaksud itu.. Anak itu kan makhluk yang mau tau tentang segala nya yaa.. belum tau arti bahaya, arti rusak, ngerugiin orang lain.. yaa tugas kita buat menyampaikan nya dengan cara yang biar masuk di otak anak yang belum terlalu nalar.. Kadang, kita suka main sama-samin aja persepsi kita sama anak, kalo artinya 'nakal' itu yaa engga merugikan orang lain, yaa anak mana paham lagi... terlalu gantung dan ambigu bahasanya.. Pals, anak itu bukan mind-grabber ya..Lets talk more comprehensive, yang jelas dan mengena deh... "bang, nanti ke mall sama bunda, abang tidak lari-lari, jalan saja, tetap disamping bunda, ya", saya rasa anak akan lebih paham untuk 'perintah' itu.. Kalau dia melanggar ya diingatkan bahwa sebelumnya kita sudah komunikasikan hal itu...

So please parents, lets learn more, explore more about your kids...Mereka itu makhluk 'baru' di dunia ini, tugas kita buat menjelaskan ada apa aja sii di dunia ini, baik buruk dan edebre-edebre lain nya..

So please, jangan seenak jidat ngecap anak itu NAKAL tanpa ngasih tau artinya atau maksudnya kata apa itu..

Oya-oya, ini cuma opini saya seorang yaa...pro kontra monggo aja..


Love you
Sky

Comments

  1. saya pribadi sangat sedih dan tidak suka jika anak saya dibilang nakal sama siapapun juga, karena saya tdk pernah mengjudge anak saya nakal walau emang dia sangat aktif, anak itu adalah anugerah :), kita sbg orangtua yang harus mengarahkan dia agar jadi anak solehah, nice posting :)

    ReplyDelete
  2. yess mba, well, imho, anak sampai usia tertentu 7 th sepertinya, belum paham konsep 'nakal' saya bahkan juga kalu suruh definisiin bingung, nakal tu yang gimana,hhiihiii terlalu luas cakupan nya.. yaappp, tanggung jawab kita (banget) semangat mba tian.. thx udah mampir..

    ReplyDelete
  3. saya juga anti bilang anak nakal anaknya jdi beneran nakal nantinya padahal namanya anak2 itu hal yang biasa.

    ReplyDelete
  4. iyaa mba cantik.. ucapan ibu kan katanya doa ya? :)

    ReplyDelete
  5. jauhkan kata nakal dari anak..haduuuh miris, mungkin aku pernah tapi aku sudah lupa kapan aku pernah ngomong kata nakal ke anak. ach semoga anakku lupa dan emang pilihan kata ketika si anak 'mungkin' terlihat nakal...saya ganti dengan sebaiknya gak gitu deeech..lalu si anak akan bertanya, gimana? jadi anak dan kita ada komunikasi

    ReplyDelete
  6. hiihiiii,, anak sekarang memang luar biasa pinter ya mba Astin? kadang bikin ortunya gelagepan kalau mereka nanya.. diganti kalimat sederhana dan satu makna, itu sii yang saya tau, biar anak engga bingung, semangaattt.. thx udah mampir mba

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Hermina Tangerang (where Sky was born)

Tititp ya, Mah..

Yeay, Sky's first year