Hermina Tangerang (where Sky was born)

Review tentang RS sifatnya subjektif yaa.. jadi pasti ada pro kontra, karena ekspektasi orang pasti beda-beda.. ini murni pengalaman saya sebagai pasien RS ini.. yuk maricuss..



Setelah jadi nyonya, terus alhamdulilah dikasih kepercayaan sama Tuhan buat jagain makhluk ciptaanya yang baru ni... nah, mulai donk berburu RS yang ciamik, dari segi apapun,..pertimbangan pertama saya yaitu jarak.. yang deket dari rumah dan jadwal dokter yang ada di sabtu, karena kite berdua orang suibuk bekerja *sombong*.. yag terakhir adalah harga.. ihiihiii, ini ditaro paling belakang soalnya semua reimburse kantor, ayeeiy..

Sebenernya saya prefer RSIA sih, karena saya pernah kerja di RSIA dan way better than RSU, karena penangananya lebih fokus dan kontaminasi penyakitnya juga ga sebanyak RSU.. karena melahirkan kan bukan sakit, lha wong makanya boleh yang enak2, hiihiiii...Tapi apalah daya, karena faktor tadi diatas, saya engga jadi pilih RSIA, dan RS saja.. yaitu Hermina Tangerang, tapi si Hermina ini kan terkenal dengan RSIA nya ya ya ya ya.. *maksa*..

Dari kandungan saya masih 2 atau 3 mingguan, saya udah kontrol disini, ga langsung nemuin dokter kandungan yang cocok, malah pertama kali, dokter kandunganya eprekeyel *ga tau apa artinya ini*. Saya didiagnosa hmm, posisi janin kurang bagus karena (ditakutkan) ada kekentalan darah yang bikin posisi bayinya marjinal *akhirnya inget*, intinya harusnya ni yaa,, posisi bayi di tengah, eh dia kepinggir, gitu deh intinya, ga ditempatnya.. aduuhh maakkk.. baru cek pertama, anak pertama, ibu pertama, didiagnosa begitu,, yaa senewan pala saya.. dan pantangan makan saya buaanyaaaakk bingit, dari mulai ga boleh kacang-kacangan dan turunanya, seafood, dll dll.. ampe saya bingung mau makan apa.. hukshuks.. Sebenermya saya lebih ga sreg sama penyampaian dia, engga ada empatinya, malah kesan nya nakut-nakutin,. yaudah, da da bye bye..

dari sini

Akhirnya berbekal tanya sana-sini, saya ketemu sama dokter kandungan yang musch much much better nama nya Dr. Dessy S. Hasibuan.. Emang ngejelasinya cepet, tapi terarah dan tegas..dan saya suka dokter yang begini, dan dia TIDAK MAIN HP selama saya konsultasi sama beliau..Okesip.. jadi semua udah fix, dokter oke, jarak oke, harga oke, fasilitas beres..Saya mulai deh reviewnya *lah kemana aja daritadi belum mulai2*..

1. Alamat nya si Hermina Tangerang ini di Jalan Ks. Tubun No.10, Kota Tangerang, Indonesia 15112
    Nomer Telepon: 55772525. Jadwal dokter silahkan di lihat . Patokanya, disebrang sekolah kristen Strada dan disamping Telkom

2. Untuk buat janji engga begitu susah, karena kalau saya telepon ga pernah lama angkatnya, kecuali sabtu karena pasienya mbludak, termasuk saya yang bikin bludak hehehe.. dan minggu, karena front linernya cuma 1.

3. Semua suster, dokter, front liner, rekam medis, farmasi, suster, OB buaik, ramah dan sabar.. sampai saat ini saya belum pernah dapet dah yang bikin saya trauma disana..

4. Kasirnya engga antri

5. ada PMO nya, saya lupa apa ini kepanjanganya ya? Maternity Officer deh MO nya, P nya lupa, maaf lho, tugas dia itu jadi perpanjangan tangan nya dokter kandungan, dan rata-rata yang jabat PMO ini adalah bidan, jadi bisa lebih tau tentang kondisi kita.. ampe dikasih pin bb nya, jadi kalau ada sesuatu yang perlu ditanyain, tinggal bbm aja deh.. dan saya lumayan terbantu dengan adanya PMO, karena mak baru, suka parno kalau ada yang aneh2 gitu.. 

6. Rumah sakitnya engga terlalu rame.. saya ga sukaaa sama sekali kalau rumah sakit riweuh , berisik kaya pasar.. yang ada saya bisa ngomel-ngomel sendiri..

7. Kamar bisa pesan dan gratis, dan sudah dijamin dapet kamar, kalau kamar yang dipesan saat itu penuh, akan ditempatkan di satu kelas diatasnya dengan biasa kelas mengikuti kamar yang dipesan, bukan kamar yang ditempati sementara.. ashheekk kan. Daann ini kejadian di saya, begitu Sky lahir, saya pesan kelas 2, eehhh penuhh chiyn, akhirnya saya ditempatin di kelas 1 selama hampir 3 hari, saya kebetulan lahir sesar 4 hari 3 mlm ihiihiihii... rejeki baby Sky..eeehh, hari terakhir saya dipindahin ke kelas 2, karena udah kosong, *ya eyalah, menurut loe*

8. Makananya enak, ga terlalu yang aneh2 atau macem2..

9. Pembekalan ilmunya banyak, sebelum pulang, saya diajari senam nifas, massage payudara, kursus post natal, ngurus bayi, dari mulai mandiin sampai kalau anak sakit kita harus seperti apa.. dan itu semua ga di charge.. yang ngajarin juga telaten, jadi saya ga buta-buta amat keluar dari sana..

10. Dokter anaknya ada yang praktek hari minggu.. ahaaiyy, tenang deh saya.. untuk urusan imunisasi dan lain2.. kelarrrr dehh ga perlu atur jadwal jungkir balik buat bisa ga bolos kerja tapi anak juga ttp imunisasi, secara chiyn, misua masih kerja hari sabtu..

11. Di Hermina Tangerang engga dikenain biaya pasien baru, kartu pasien, ataupun registrasi setiap kita dateng, kecuali buku, harganya 15 ribu kalo engga salah, lumayan bisa irit.. yaa coba aja kaliin, misal ada biaya registrasi sekian puluh ribu, dikaliin setiap kali kita dateng, udeh berapa kali tu..dari mulai cek hamil ampe punya anak.. udah berapaa ratus ribuu ya kaannnnn.. mending buat ngelancong *kelakuan emak2*.

12. Aturan disini, ada jam berkunjungnya kecuali untuk yang VIP, bebas, nah setiap jam berkunjung itu tiba, semua bayi yang ada di ruangan di 'kembalikan' ke ruang bayi sampai jam berkunjung selesai. Menurut gw sih ini bagus yaa.. namanya orang berkunjung dari luar, ngeri ada kontaminasi apa2, yaa makanya si bayi 'diselamatkan' dulu.. yang jenguk bisa lihat bayinya di ruang bayi. 

13. Mereka menganut paham rooming in, asyeekk...dan pro asi, karena setiap pemberian susu formula akan diminta persetujuan orang tuanya dulu dengan tanda tangan surat persetujuan. tapi sayangnya untuk IMD belum begitu Pro, huaaahuaaaaa..atau karena kemaren gw udah teler berat kali..jadi IMD cuma ditempelin doang tu mulut anak gw ama puting maknya *IMD macam apa ini*

13. The last but not least adalah harga, *kekepindompet*. 
  a. Dokter Kandungan : Rp. 136.000 ( ini termasuk biaya USG, ga dikenain lagi, ihiiyyy..) kecuali ada tindakan lain yaa.. pasti ada charge nya lagi
   b. Dokter anak : Rp. 125.000, jasa imunisasi Rp. 29.000 (kalo ga salah)
   c. Biaya Melahirkan Sesar Kelas 2 tanpa penyulit (transfusi darah, dll) sekitar Rp. 20 jutaan udah plus plus ini, silahkan dikira2 kalau normal dan kelasnya berbeda ya.. saya kasih pandangan satu aja, mak2 yang lain pasti bisa ngira-ngira sendiri yaa...
   d. kalau obat tentunya beda2 ya tergantung obatnya... Saya sekali kontrol itu sekitar 300-400 ribuan.. Ini harga yang masih saya alamin dari 2012 sampai 2014..

sedih liat gambarnya :(

Okehh people, itu deh review subjektif tentang rumah sakit untuk saya melahirkan dan kelanjutanya.. Semoga bermanfaat bur eibu eibu semua yaa..

Oya mak, maap ni gambarnya engga ada, dooh, oneng banget yaa.. saya engga sempet foto soalnya.. 

Love you
Sky

Comments

  1. Wah... pengalaman nya hampir mirip dengan istri saya waktu ke Hermina Tangerang dulu. Sempat ketemu dokter yang nakut-nakutin, persis penjelasannya. Akhirnya ganti ke Dokter Dessy jg. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun baru kemarin kehermina ketemu sama dokter yg bikin down sama kata2nya mungkin yg dimaksud sama kali yaa aku sampe shock dan galau tapi pas searching ternyata byk juga yg salah pilih dokter niatnya bulan depan mau kedokter Dessy aja

      Delete
  2. Jdwal dr dessy tiap hari jg ya mba..ato kapan..?
    Ditunggu infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga selalu ke dokter Desy, mulai anak pertama sampai anak terakhir. Ndk mau pindah ke yang lain, sempat coba2 ke dokter lain, krn waktu itu antrinya lagi panjanggggg dan saya ndk punya banyak waktu, tapi ternyata tdk seperti ke dr Dessy yang ramah dan detail banget, meskipun sdh jam 1 malam dokter Dessy tetap ramah....
      Klo jadwal dr Dessy hampir setiap hari mbk, kecuali minggu.

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Kalau untuk dokter anaknya yg baik dan bagus di herlina siapa y kira2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Wahyu..

      Kalo saya pribadi ke dr. Aris, pasienya banyak emang, nunggu nya tapi biasanya engga terlalu lama.. kalau baik dan bagus relatif mba, dr Aris sabar yang pasti.. kaadang saya suka cerewet, tapi beliau santai aja.. hth ya :)

      Delete
  5. Biaya usg di rs hermina tangerang kira" kisaran beraoa ya ? Soalnya aku blm pernah periksa di sana ?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tititp ya, Mah..

Yeay, Sky's first year