Self-denial

Satu hal lagi yang harus dipelajari tentang rintangan hadangan cobaan dalam menyusui, apaa ituuu... well, ini saya juga masih bingung mengkategorikanya apa, karena semua terjadi kayanya secara bersamaan dan ciri-cirinya mirip. Ini galaunya luar biasa, jendral!!!

Intinya si bocah jejeritan seheboh-hebohnya begitu disuruh nyusu atau begitu saya sodorin 'gentong' susunya. Siapa juga ibu yang ga panik liat reaksi anak begini, ya kan?

Nursing Strike (Mogok Nyusu) ? Mungkin aja, saya juga belum tau dia kenapa..

Teething (Tumbuh Gigi) ? Mungkin juga, memang pola tidurnya berubah, kalo malem melek dan sekali kebangun nangisnya kaya abis dicubit, melengking boo..dan emang ada muncul putih2 dari gusinya, yaitu gigi :D

Bingung Puting ? Ya mungkin juga, karena ni bocah saya kasih DOT *pasrah kalo mau ditimpukin* dengan alasan klasik tapi vital, saya ibu bekerja dan cukup tau diri untuk ga ngerepotin neneknya dengan ngasih asip selain DOT. penggunaan dot saya tau akibatnya, tapi saya missed bahaya laten nya

Nah, dari 3 kemungkinan diatas, saya ga tau ini anak lagi ngalamin fase yang mana, karena ciri-ciri dari mereka semua ya pasti ada "Nolak Nyusu" .
Kalo nursing strike sih kayanya ga lebih berat dari bingung puting, karena sebabnya juga sebenernya ga jelas, yaa yang tau cuma bayi, ya bayi nya kan belum bisa ditanya juga ya? :D akhirnya menerka-nerka dan coba skin to skin yang (katanya) cara ampuh.

Teething, saya ga tau berapa lama masa2 rewel dan sederet penanda tumbuh gigi ini berlangsung, dari mulai ga mau nyusu, demam, sleepless at night, wake at noon *kapan tidurnyaaaa????*, banyak air liur, dll tapi kalau yang saya perhatiin, kalau giginya udah nyembul, mungkin yaa sudah selesai juga itu rewel dan teman-temanya.. ini masih mungkin lho ya.. karena saya belum paham juga..

Bingung Puting, ini yang belum ada penyelesaianya, sempet saya minta saran AIMI, dan katanya si bocah resmi kena bingung puting, tapi saat itu saya belum tau kalo si bocah lagi tumbuh gigi *mak macam apa ini* jadi asumsi saya berarti ni bocah kena bingung puting.Nah, karena sekarang dia lagi tumbuh gigi.. tambah bingung lah saya..

Di hati kecil saya, ada kecondongan untuk bilang kayanya ini bocah kena bingung puting, karena dia pake DOT dan belum cerai dari DOT nya.. Tapi ada semacam Self-denial dari diri saya kalau anak saya kena bingung puting yang saya sudah tau harus apa dan bagaimana. WAJIB lepas dari DOT ga pake bertahap dan ASIP diberi via media lain. Ini yang berat, kasih ASIP dari media lain means merepotkan nenek2nya.. "Udah nitip, ngerepotin" hiihiihiii... Tapi kita juga punya hak atas anak kita sendiri kan ya? :D

Sampai saat ini, belum tau ni bakal bagaimana, yang pasti si kayanya si bocah harus lepas dari DOT dl, karena itu yang belum terlaksana sampai sekarang.. Oya, saya copast dari sini untuk langkah-langkah menyelesaikan bingung puting.. yang sepertinya harus secepatnya saya laksanakan..


Love You
Sky



Comments

Popular posts from this blog

Hermina Tangerang (where Sky was born)

Tititp ya, Mah..

Yeay, Sky's first year