Manajemen ASIP

Hiihiiii... dari judulnya kayanya serius banget ya? engga koo.. ini bukan maksud menggurui atau ngajarin, apalagi sok tau.. Cuma mau share gimana mengelola si ASIP ajaib ini buat bayik2 kesayangan kita versi saya... Ini yang saya lakuin tiap hari yaa.. abis, bingung mau sebut apa, yaudah ikutan yang udah ada aja "Manajemen ASIP". Ga pake tutorial 1, 2 dst.. saya cerita ngalir aja yaa..

Rutnitas harian yang saya lakuin itu :

- Bangun pagi jam 5.30 (ini udah sekesiangan-kesiangan ibu menyusui yang bekerja) terus pisahin ASIP yang udah diturunin dari freezer semalam. Saya set setiap botol kaca ASIP @100 ml, atau sesuai dengan tanda batas pengisian deh, klo di ukur pake botol, sekitar 100 atau 120 ml. Saya pisahin jadi 8 botol kaca @ 70 atau 60 ml, buat sekali minum si bayik. Sebenernya ini saya bikin buat mempermudah mama mertua, biar ga repot tuang2 ke ke botol buat si bayik minum. Jadi tinggal ambil botol kaca yang udah disiapin terus dihangatkan deh. Saya kerja berangkat jam 6 pulang jam 8 udah sampai rumah. Sebelum berangkat, sok pasti baby sky nenen dolooo.. biar anteng.. oyaa, saya selalu sisakan 1 botol kaca ASIP @100ml hasil perahan di kantor kemarin, untuk jaga-jaga, takutnya kurang ASIP nya, dan kalau2 saya pulang larut. Kalo ga kepake kan ini ASIP bisa langsung masuk freezer. Ini saya lakuin biar ga buang2 ASIP yang udah turun dari freezer tapi ga dipake, kan sayang, ga bisa masuk freezer lagi, secara buat dapet 1 botol itu perjuangan, ya kan buk ibuk..

- Karena jam masuk kantor suami jam 8 dan saya jam setengah 10, saya nyesuain beliau deh yaa.. tiap hari saya di drop dirumah ibu saya (karena searah sama kantor suami). Berangkat dari rumah jam 6, sampe rumah ibu saya setengah 7. Hal pertama yang saya lakuin begitu masuk rumah adalah, masukin lagi ice gel nya ke dalem freezer, biar ga cair, lumayan sejaman lebih. Jam setengah 8 saya perah ASI, terus siap2 cuss kantor..

- Sampai kantor jam 9 lewatan, terus jam 10 perah lagi sampai setengah 11, terus jam 12 perah sampe setengah 1, jam 3 perah sampe setengah 4, terus sebelum pulang perah lagi. Berhubung di kantor ga ada kulkas *amit2 pelitnya ni kantor* jadi saya bawa cooler bag deh yang alhamdulilah bisa tahan selama saya diluar rumah.

Alat tempur saya buat prosesi perah memerah ASIP adalah:

1. Cooler Bag merek Unimom
2. Ice Gel 3 biji (ice gel nya unimom 2 sama icecool lokal beli asibayi.com). Oya, 3 jenis icegel ini awet tahan lama, seriusan deh, dari jam 9 pagi sampe 9 mlm lagi pas sampe rumah, masih dingiiiiiiinn deh, even udah ga ada es nya buat yang unimom, buat yang icecool, jangan ditanya, masih 30%an es nya. Pengalaman hari pertama sama kedua pas awal masuk kerja...jam 4 udah cair itu icegel unimom dan hampir ga dingin (belum beli icecool) eike beli batu es 2 kantong plastik gula buat jaga tu ASIP biar suhunya bener.. daann alhasil berat aja dulu itu cooler bag.
3. Botol Unimom 3 biji
4. Kantong Plastik Asi, saya pakai babygrow..
   Udah bawa botol Unimom, kenapa pake plastik segala? nii saya ceritain dibawah, sabar yaaa..

Lahhhhhh..... breastpump nya mana? tenang sorada-sorada, saya adalah hand-expression mom.. jadi ga pake breast pump, karena saya harus perah di Toilet, kaya cerita saya sebelumnya disini .
Jadi yang saya lakuin tiap perah, pertama kali perah yang jam 10, saya bawa 1 botol unimom, terus perah, hasil perah saya taro di plastik ASI terus masuk cooler bag. Hasil perahan kedua saya taro dibotol dan langsung masuk cooler bag biar suhunya sama kaya hasil perahan pertama yang udah ada di kantong asi, karena hasil perahan mau dicampur biar kantong asinya irit *peliit yeee*. Hasil perahan ketiga masuk kantong ASI yang baru terus masuk cooler bag, karena 1 kantong ASI buat saya cukup untuk 2x perah, kalo lebih, takut kepenuhan karena setiap perah ALHAMDULILAH saya dapet 120ml kurleb. Hasil perah keempat sama ceritanya kaya hasil perah kedua. Hasil perah kelima kadang tetep saya taro botol buat hemat kantong ASI nya.

Gunanya Botol adalah hanya untuk jadi wadah perahan, dan gunanya kantong ASI untuk jadi tempat penyimpanan ASIP selama di cooler bag. Pertimbangan saya, pernah pake botol Unimom 3 biji dan 2 icegel Unimom, hasilnyaaa... kelar sorada-sorada, jam 4 icegel udah hampir ga dingin, karena mungkin banyak ruang kosong, jadi udaranya banyak juga...Kalo pake 2 icegel dan 1 icecool dan 3 botol Unimom, yaaa ga muat yaaa.. secara itu ice cool segede gambreng dan botol unimom juga gede.. ga berhasil juga.. Akhirnya saya menemukan cara yang ultimate versi saya, bawa 3 ice gel dan kantong ASI aja, dingin tetep oke, nampung ASIP bisa banyak..Buat saya cara ini yang paling praktis. Kekuranganya adalah... kita harus rajin2 beli Kantong ASI *lirik suami*. Yaudah lah ikhlas bin rela, biar dunia perASIPan ini terus jalan dan tambah lancarr....

Sampai dirumah, ASIP saya taro di botol kaca sampai batas penuh, diberi label jangan lupa terus masuk freezer deh.. jangan lupa sisain 1 botol yaa.. buat jaga-jaga, kaya cerita saya diatas.

Ouks, sharingnya itu dulu deh.. Moga-moga ga binguuung ya momsky2 sekalian..

Love you
Sky

Comments

Popular posts from this blog

Hermina Tangerang (where Sky was born)

Tititp ya, Mah..

Yeay, Sky's first year