Berdamai dengan diri sendiri

Lagi-lagi mak yang satu ini galau setengah mati yang bikin tingkah lakunya sama pemikiranya total absurd. Gara-gara apa coba? apa lagi kaloo bukan gara2 si cairan ajaib ASI.

Awalnya kayany eik kurang tidur karena udah 3 hari belakangan baby sky ga tidur, beneran begadang ini, dari jam 12 sampe hampir subuh yang matanya belo melek banget deh pokoknya.. Selidik  punya selidik siii kayanya karena siang dia tidur panjaaang. Yang bikin dilema adalah, kalau dia tidur siang panjang dan lama, neneknya punya waktu banyak untuk ngerjain yang lain yang berkaitan dengan rumah tapiii.. tidur malemnya maknya jadi berkurang doong, dan imbasnya udah tau dong.. maknya akan begadang semalaman. nahh, kalo tidur siangnya sebentar2-ini yang saya lakuin waktu masih cuti, untuk ngenalin siang dan malem- neneknya cuma jagain dia aja secara ini bocah ga bisa ditinggal karena udah ngebalik balik sendiri, dan dia tipe bayi yang lebih baik diajak becanda daripada digendong tapi tidur malam maknya terselamatkan.... Dilema abiiiss dong ya, secara hampir 12 jam kita nitip bocah ke neneknya, ya masa iya ditambah repot gara-gara bocah melek dan minta ditemenin terus.. dan dilema ini belum terjawab.. Eh, udah deh, jawabanya cuma 1 dan ini saya udah tau " Kalo mau nitip apalagi anak, ya harus legowo dengan segala sesuatu yang berjalan tidak sesuai dengan keinginan" Yaaa doong, udah nitip ko macem2 :D...

Karena efek kurang tidur itu ya pasti cape yaaa.. secara masii kerja jugak daaannnn (AMIT2 AMIT2) kayanya hasil ASIP (AMIT2 lagi) sedikit berkurang. Emang eik pernah baca kalo kecapean, ASI bisa berkurang. Nnnnnaaahhhhh munculah buanyak pikiran tentang berkurangnya ASI ini.. Apa sebenernya berkurang apa engga, eik juga ga tau pasti, tambah absurd kan? atau cuma perasaaan eik aja, ya ga tau juga..ini cerita apa ya? serba ga tau, hiihiii

Pemikiran berkurangnya ASI langsung eik sambungin ke cara pemberian ASIP dirumah pake dot yang notabene emang sama sekali ga direkomendasiin dan saya SUDAH tau itu*plis jangan ditimpukin ya*. Percaya deh, ini pilihgan terakhir yang harus diambil karena udah banyak banget pertimbangan dan alasan yang sebenernya klasik tapi vital.
Masih bersyukur bocah ga bingung puting *ALHAMDULILAH sujud syukur* tapi yang lebih eik takutin lagi dan jadi bahaya laten penggunaan dot itu adalah berkurangnya ASI secara perlahan karena pelekatan bayi ke payudara sudah berubah karena sering melekat ke dot yang secara fisik jelas beda dengan payudara. Rangsangan untuk payudara memproduksi ASI akan berkurang karena hisapan bayi ga sekuat dulu secara kalo pake dot ga pake dihisap juga keluar sendir sedangkan kalo nyusu kan harus dihisap. Kelar donk, dengan fasihnya eik ngejelasin apa bahayanya dan masih tetap pake itu dot.
Alasanya itu, bocah dititipin sama nenknya, yang notabene ga muda lagi dan punya beberapa kewajiban pekerjaan rumah yang harus dipenuhin plus ditambah ngurus bocah bayik, kalo harus ditambah dengan penggunaan media selain dot-sendok, cup feeder, soft cupfeeder, etc- untuk kasih ASIP yaa kebayang repotnya ya kan? Karena ga mudah ngasih ASIP dengan media lain, mudah kalo untuk kita orang tuanya, karena tau penyebabnya, tapi orang lain belum tentu. Jadi dong dilema lagi dan nyambung lagi itu perasaan galunya. Ibu mana yang ga galau sejadi jadinya kalo tau (AMIT2) asinya berkurang sedangkan bayinya masih umur ASIX.
Judulnya "Kalo sudah nitip anak, tanggung resikonya, kalo ga mau tanggung resiko ya ga usah nitip" sadis ya? tapi emang itu kenyataanya ya kan? statement itu ga datang dari siapa-siapa, tapi dari kesadaran saya sendiri. Itu udah dikepala saya lekat2..
Okee, perkara berkurangnya ASI ini sebenernya masih jadi pertanyaan apa berkurang apa engga.. apa cuma perasaan saya doang.. udah khatam deh ya gimana cara ngelancarin ASI gimana, yang bikin ASI berkurang apa.. Intinya kan cuma 1 yaitu PIKIRAN POSITIF. Udah tau sebenernya jawabanya, tapi ga bisa saya terapin ke diri saya sendiri, masih aja terus berpikiran aneh2 dan menjalar kemana2 dengan pertanyan " gimana kalo begini begitu begini begitu" "apa mungkin gara2 ini itu ini itu" daannn sedereett pertanyaan yang jawabanya udah saya tau sebenernya.. Makin sering browsing makin bingung dan makin parno yang ujung2nya malah bikin ASI berkurang beneran karena maknya stress sendiri..

Susaahhhh banget buat saya berdamai dengan diri sendiri untuk hal perASIan ini. Semua ketakutan dan pertanyaan saya udah saya tau jawabanya tapi ga bisa saya terapin, what the hell dehh... Kalo berdamai sama orang lain mungkin tinggal salaman dan senyum, lhaaa kalo ama diri sendiri gimana coba caranya? wuuphhhh


Love You
Sky

 

Comments

Popular posts from this blog

Hermina Tangerang (where Sky was born)

Tititp ya, Mah..

Yeay, Sky's first year