Breastfeed aka menyusui

Bahasanya kayanya panjang inih ya ttg menyusui, lets get start it...

As a new mom, umur bayik eik hampir 4 bulan, dan masih menyusui ampe sekarang dan juga masih belum kece dalam seluk beluk hal menyusui. Tapi semua mommy2 diluar sana pasti punya cerita sendiri-sendiri ttg bagemana menyusuinya. 

Oya, karena saya sesar dan mungkin karena obatnya masih bekerja ato gimana, ngantuknyooo ini mata ga bisa dibuka, jadi saya ga bisa IMD, wupppfff.. Anyway, walaupun ga IMD, eik rooming in, aheiyy..

Awal-awal, urusan puting lecet, merah, dll udah khatam lah yaa.. alhamdulilah eik bukan kebagian yang katanya putingnya ampe mw putus, terus, coak,, bonges, gompel, dan segala macam bahasa buat mengekspresikan ternyata menyusui itu GA MUDAH tapi worth to fight for *ini quote nya siapa, lupa saia*. Perkaranya, mau ato engga, itu aja.. tantangan menyusui, idialah banyaknya ga terbilang, tapi tantangan paling besar nomer wahid itu, ngalahin malesnya diri sendiri,.Menyusui itu menyenangkan kalau kita ikhlas, ngerasa dibutuhkan oleh anak sendiri, itu intinya dan irreplaceable deh rasanya... *mewek kejer inget baby sky* .

Klo buat eik, tantangan terberatnya adalah kalo malem, secara eik itu kebluk nya amit2, dan sekarang harus bangun malem lebih dari sekali, gosh... akhirnya dengan sangat terpaksa saya menyusui sambil tiduran, dimana ini beneran ga direkomendasiin, ga usah kata siapa2 ato dokter anak terkenal deh, kata saya juga ga bagus, kita aja minum sambil tiduran bisa keselek, apalagi bayik.. hiaaaaa..... Tapi, beneran deh, ngantuknya itu parah ga bisa meleknya inih mata.. tapi akhirnya dengan kesadaran tingkat tinggi *iket kepala pake kacu paramuka* saya coba buat nyusuin sambil merem dan duduk *apaaa ini* bayangin sendiri deh gimana modelnya. Untungnya eik sama misua coba buat nerapin "siang-malam" ke baby sky, itu lhooo.. yang kalo siang kita bangunin dia, main ama dia ampe cape, stimulasiin dia, dan klo malem dia dikenalin tidurr.. dan alhmdulilahnya dia bisa sorada2.. *akhirnya bisa kebluk lagi* meskipun kadang kalo malem, sesekali dia ngajakin mak bapaknya becanda ngoceh2 ampe jam 2 ato 3 pagi..pengenya ngikutin buku2 yang kalo dia kebangun malem, dan ngajakin becanda, jangan diladenin, tapii.. liat muka bayik sendiri yang ngajakin becanda innocent begitu ya iya mana bisa nolak ya kaannn???? *mata berkaca-kaca*. kalo buat kuantitas menyusui, saya termasuk busui yang cukup ASI aja, ga berlimpah.. makanya klo hormon oksitosin nya macet, kelimpungan sendiri..

Kadang suka kesel bener kalo kita lagi bangun malem nyurusin si bayik sambil ngantuk2 dann suamii dengan nyamanya tidur meluk guling... bawaanya pengen negbangunin aja.. tapi eik mikir lagi, klo pun misua bangun mw ngapain, mw ngeliatin kita nysuin gitu? yaa kesian amat, udeh kerja pulang malem, pas tidur harus masih bangun juga hanya untuk nemenin kita nyusuin..lhaa orang yang punya 'pabrik susu' nya cuma kita, suami ya ga ada andilnya.. ya sudah mari kita biarkan misua beristirahat dengan nyaman.. *kiss suami* Akhirnya akal sehatnya jalan juga... 

Nahh, si busui ini kalo makan juga ga pake tedeng aling2.. udeh gila kali, makan sehari bisa 5 kali dengan set makan lengkap (baca: nasi 3 centong, sayur, lauk, sambel, kerupuk, dll) dan itu belum keitung cemilan roti, cookies, bolu, buah, susu....... daann apa yang terjadi,....... berat badan saya turun 23 kilo *tepuk dada jumawa*. itu aja bawaanya masih laper lhoo, beneran deh.. dan itu semua masuknya kemana?? ke si bayik, I am left with nothing, horaayy.. Nafsu makan pas hamil mah lewat ama nafsu makan sama menyusui.. eik aja bergidik sendiri liat porsi makan 2 jam sekali dengan menggunungnya isi di piring..

Sempet ngalamin asi drop se dropnya, dan rasanya ga keruan deh,sedih, marah, bingung, nangis mulu, nyari tau penyebabnya ga kejawab juga kenapa ampe sekarang, yaudah lah, daripada cape sendiri pusing sendiri, bingung sendiri, saya berdoa aja semoga dikasih ASI cukup, thats all,.

Saya sempet kena mastitis 2 kali,,, ga usah ditanya rasanya mastitis gimana.. whuuaaaahhhhh... auu deh gimana bilang sakitnya, klo buat eik sendiri, mastitis sama sesar sakit mana? definitely mastitis sorada-sorada.. disusuin sakit (banget ), ga disusuin apalagi, bisa ga sembuh2 itu... oyaa, mastitis itu intinya pembengkakan kelenjar susu, lengkapnya ini . 

Jadiiiiiiiiii...bersyukurlah kita yang bisa menyusui, dan ga perlu mengunderestimate yang ngasih bayik nya selain ASI.. everything happens for a reason, rite... 


Love you
Sky






Comments

Popular posts from this blog

Hermina Tangerang (where Sky was born)

Tititp ya, Mah..

Yeay, Sky's first year